search

Tentang Blog Bukik

Blog Bukik adalah blog yang membahas mengenai karir dan tips untuk pengembangan karir. Apa itu karir? Seringkali orang menganggap pekerjaannya adalah karirnya. Sampai-sampai Coach @ReneCC menulis buku “Your Job is not Your Career”, alias pekerjaanmu bukanlah karirmu. Dan setelah menyelami linimasa twitter, ada beberapa kesalahanpahaman mengenai karir ini, beberapa diantaranya:

  1. Pekerjaanmu adalah karirmu. Pekerjaan adalah serangkaian aktivitasmu saat ini. Karir adalah serangkaian pilihan sepanjang hidupmu.
  2. Apa yang diajarkan di sekolah sudah cukup sebagai bekal berkarir. Kenyataannya, sebagus apapun sekolah tidak pernah bisa membuatmu siap bekerja dan berkarir. Ada banyak hal yang perlu dipelajari di luar sekolah.
  3. Karir dimulai sejak kita lulus sekolah atau kuliah. Mungkin benar pada jaman dulu, tapi dijaman globalisasi ini, kamu bisa mulai berkarir sejak kapanpun yang kamu inginkan.
  4. Karir ditentukan oleh organisasi tempatmu bekerja. Organisasi tempatmu bekerja hanya menyediakan pilihan-pilihan.  Tapi karir adalah pilihanmu, tergantung pada keputusanmu dalam menentukan pilihan.
  5. Bicara karir berarti bicara bekerja sebagai karyawan. Karir adalah pilihan untuk menjadi karyawan, profesional, pengusaha, investor atau seniman sekalipun. Berkarir tidak selalu berkaitan dengan menjadi karyawan.

Beberapa kesalahpahaman ini membuat banyak orang muda tergagap-gagap ketika masuk dunia kerja. Mereka baru menyadari kekeliruannya setelah terbentur oleh realitas di dunia kerja. Sayang sekali, sebenarnya ada banyak waktu untuk menyiapkan diri dalam berkarir. Karena itulah, lahir fokus baru Blog Bukik, menjadi teman belajar buat kamu yang ingin membangun karirmu.

Logo Blog Bukik
Karir adalah perjalanan hidup melalui belajar, bekerja & berkarya yang ditentukan oleh pilihan-pilihanmu. Kamu bisa menentukan karir dengan cara belajar dan beraktivitas pada suatu bidang  kehidupan. Semisal, pilihan karir bisa jadi berasal dari pilihan hobi yang kamu sukai dan tekuni.  Banyak orang membuktikan hobi bisa menjadi modal karir yang sangat berharga.

Apa saja yang disajikan Blog Bukik untuk menemanimu dalam membangun karir?

  1. Personal Brand: Kamu bisa mengetahui  cara membangun personal brand sebagai bekalmu dalam berkarir
  2. Karir : Kamu bisa mendapatkan tips-tips karir baik mulai merintis, menghadapi maupun mengembangkan karirmu.
  3. Bukik Bertanya: Kamu bisa berkenalan dengan sosok inspiratif dan mendapatkan pelajaran dari pengalaman hidup mereka.
  4. Teknologi: Kamu bisa mendapatkan tips penggunaan teknologi dalam pengembangan karirmu
  5. Organisasi: Kamu bisa memahami dinamika organisasi sebagai bekal untuk meningkatkan karirmu pada jenjang lebih tinggi
  6. Manajer Apresiatif: Kamu bisa mempelajari tips-tips menjadi atasan yang hebat
  7. Kata Inspiratif: Kamu bisa mendapatkan kata inspiratif yang singkat dalam bentuk poster
  8. Video Inspiratif: Kamu bisa mempelajari beragam sumber belajar dan pengembangan karir dalam bentuk video.

Jadi singkatnya, pahami personal brandmu, optimalkan teknologi, gunakan pemahaman organisasi maka karirmu akan bersinar terang.

Posting yang ada di Blog Bukik sampai hari ini (2 Juni 2013) adalah bawaan dari blog lama. Jadi penyajiannya pun masih lama. Pada posting mendatang, penyajian akan lebih ringkas, lebih muda dan lebih asyik. Hanya penyajian pada kategori Bukik Bertanya yang relatif tetap karena format wawancara disukai oleh banyak pembaca.

Nah kalau kamu masih kuliah tapi resah tentang karirmu nanti, kalau kamu resah dengan karir di tempat kerja sekarang, kalau kamu bingung menapak jenjang karir sebagai manajer, pastikan selalu mengikuti posting terbaru di Blog Bukik. Bagaimana caranya? Bisa pilih satu dari beberapa cara ini:

  1. Follow @BlogBukik di Twitter
  2. Langganan Blog Bukik via Email
  3. Like Pages Facebook Blog Bukik

Jadikan Blog Bukik sebagai teman belajar mengembangkan karirmu

One Trackback

  1. [...] Tentang Blog Bukik [...]

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

Blog Bukik - Karir, Teknologi dan Organisasi