Pinterest Bukik

Pinterest bagi Pemula : Media Sosial Berbasis Visual

Dengan kekuatan visualnya, Pinterest memikat banyak orang. Pinterest memungkinkan kita tampil memikat secara visual di media sosial.

Pinterest adalah media sosial yang memungkinkan kita menemukan, mengkurasi, mengumpulkan dan membagikan berbagai hal menarik secara visual. Simpelnya, bayangkan kita punya sebuah papan yang berisi berbagai macam foto hal-hal yang kita sukai. Kita bisa tempel foto kuliner, foto tempat yang kita sukai, foto bintang pujaan bahkan foto hewan peliharaan. Bayangkan, bagaimana respon orang yang melintasi papan milik kita tersebut. Dijamin nengok…..

Meski cara kerjanya mirip Tumbrl, tapi menurutku perbedaan mendasar dari Pinterest adalah memungkinkan kita membuat papan (board) yang kategorinya bisa kita buat sendiri. Kita bisa kelompokkan berbagai hal itu menjadi bermacam kategori. Caranya? Simpel banget. Persis seperti kita menempel foto pada sebuah papan di rumah kita. Tertarik?

Ada beberapa konsep yang perlu diketahui mengenai Pinterest:

  1. Pin : Sebuah gambar yang kita lekatkan pada papan (board) Pinterest
  2. Board : Serangkaian Pin yang kita tata berdasarkan kesamaan tema
  3. Pinning: Upaya untuk melekatkan sebuah gambar pada papan Pinterest
  4. Repin : Upaya memposting ulang sebuah Pin dari pengguna Pinterest lain
  5. Pinner : Orang yang melakukan Pin atau Repin
  6. Pin It Button : Tombol Pin yang bisa kita letakkan dalam blog/website
  7. Follow : Tindakan untuk mengikuti perkembangan isi suatu board dari seorang pengguna Pinterest
  8. Follow All : Tindakan untuk mengikuti semua board dari seorang pengguna Pinterest

Meski Pinterest sudah 2 tahun. Meski pengguna Pinterest sudah mencapai 10 juta. Tapi Pinterest ternyata masih versi beta. Jadi buat yang ingin mencoba harus meminta invitation ke Pinterest atau pada pengguna Pinterest seperti aku hehehe

Ketika kita mendaftar sebagai pengguna Pinterest, biasanya kita langsung memfollow beberapa orang yang mempunyai kesamaan minat dengan kita. Mungkin Pinterest mengusahakan agar tampilan awal kita tidak kosong melompong. Kita akan dihadapkan pada berbagai Pin yang menarik. Tapi biarkan saja dulu. Lengkapi dulu profil kita terutama dengan foto yang cakep *uhuk dan koneksi ke media sosial milik kita.

Awalnya Pinterest sudah menyediakan 6 papan pada profil kita dengan tema tertentu seperti Favorite Places & Spaces, Products I Love, Books Worth Reading, My Style. Kita bisa mengedit tema dari papan tersebut sesuai keinginan kita dengan mengklik edit pada bagian bawah papan tersebut. Kita juga mengatur susunan papan tersebut.

Bila sudah, maka saatnya berpetualang melakukan Pin. Pinning bisa dilakukan dari dalam web Pinterest. Coba klik Pinterest di bagian atas dan ada hamparan Pin yang bisa kita Repin. Bisa juga dengan melakukan pencarian minat kita di kotak search di sebelah kiri atas. Kita bisa mencari Pin, Papan atau pengguna yang lain.

Pinning juga bisa dilakukan di berbagai website yang lain. Caranya: pasang dulu tombol Pin It pada browsermu. Setelah itu ketika kita menjelajahi suatu website dan menemukan content yang menarik, kita tinggal klik tombol Pin It itu. Nanti kita akan dihadapkan pada satu atau lebih gambar  yang kita pilih untuk di Pin. Klik pada gambar yang paling kita sukai dan akan muncul tampilan yang meminta kita memilih board yang akan menjadi tempat gambar tersebut serta judul dari Pin itu.

Bila kita sudah melakukan Pin cukup banyak maka tampilan profilmu akan memikat seperti ini:

Mengapa orang-orang suka menggunakan Pinterest? Pertama, Pinterest sangat menonjolkan sisi visual dari sebuah content. Bagaimanapun, otak kita adalah pengolah gambar, bukan pengolah kata. Pinterest bukan saja memanjakan mata tapi juga memanjakan otak kita. Kedua, Pinterest meningkatkan jumlah kunjungan ke blog atau web lebih banyak dari pada Youtube, Linkedin, dan Google Plus. Lengkapnya baca disini.

Sudah punya akun Pinterest? Jangan lupa follow aku ya di Pinterest Bukik *hehehe *nyengir

Belum punya akun Pinterest dan tertarik dapat invitationnya? Gampang. Isilah komentar dibawah ini untuk menjawab pertanyaan, “Mengapa kamu tertarik dengan Pinterest?” Jangan lupa gunakan email yang valid untuk mengisi komentar. Karena email itu yang akan aku daftarkan untuk mendapat invitation dari Pinterest.

Catatan:

Oh ya jangan isi Pinterestmu hanya dengan foto-fotomu saja. Ada etiket Pinterest yang perlu diperhatikan. Jangan asal narsis.

Incoming search terms:

Published by

Bukik Setiawan

Blogger

26 thoughts on “Pinterest bagi Pemula : Media Sosial Berbasis Visual”

  1. Sepertinya Pinterest akan menjadi sebuah “senjata” baru dalam hal mempromosikan Produk via online bagi pengusaha lokal. saya tertarik dengan pinterest karena kita dapat menyampaikan pesan yang ingin kita sampaikan melalui gambar yang mengandung jutaan makna tergantung dari orang mempersepsikan dan yang terpenting hanya kita sendiri yang mengetahui makna pasti dari gambar yang kita posting. semoga kedepannya pinterest tidak seperti Google+ dan bisa dapat terus berkembang di Indonesia

  2. Pinterest?? Dengar kosa kata yg satu ini lgsg dech kepikiran dari Indonesia. Ternyata bukan bahasa Indonesia ya? Aku tertarik dengan Pinterest karena ku suka sesuatu yg serba visual, meski aku gak bisa gambar. Tks

  3. Bukik, aku tidak mengerti maksudnya… “Gampang. Isilah komentar dibawah ini untuk menjawab pertanyaan, “Mengapa kamu tertarik dengan Pinterest?” Jangan lupa gunakan email yang valid untuk mengisi komentar. Karena email itu yang akan aku daftarkan untuk mendapat invitation dari Pinterest.”

    Jawabnya dimana ? komentarnya kemana? Emailnya apa?
    *maaf, otakku masih belum pentium 4. Tsjahhh.

  4. Ah ! I know now.. Baru nyadar. Maksudnya nulis di komentar. Dang ! Kirain kirim via email (maaf). Why I’m interested in pinterest ? Because it’s about interest ! Saya bisa dengan mudah mengidentifikasikan diri saya dan orang lain via gambar / interest di profile… then I will klik repin, pin it… with anything that’s related with my interest… and I’m a visual – kinestetik person. :-) So, it’s match ! Thanks for this very useful informations !! Touche !

  5. Kelihatannya dengan komunikasi visual akan lebih mudah menarik dan memikat, saya tertarik menggunakan pinterest, namun saya masih binggung bagaimana dengan visual bisa lebih meningkatkan promosi di situs pribadi ketimbang di linkedin dan google+?

    invite ya om :D

  6. Aku ndak ada yang invite pak. Makanya gak perduli. Coba pak Bukik mau invite, mungkin aku bisa care sama socmed yang satu ini.. *haiah* *kok curhat*

  7. Akunku kubiarkan begitu saja… lebih ke masalah distribusi energi (halah) yang tak termanage dengan baik. Kerjaan lagi sibuk2nya, mesti aktif di twitter, facebook dan skarang Pinterest? Ya mending ngeblog! ;)

  8. pinterest… bagus untuk memanjakan mata, asal ga smp pd ambisi mata,,, ntr jadi keinginan kelewat batas kasian suam sy klo ga bisa memenuhi apa yg dilihat mata sang istri…heheheeee,,,
    pinterest,,,, kepintaran yg menarik mata,,,,
    bolelah di invite pak…

Gimana komentarmu?