Pertanyaan Wawancara STAR

Pertanyaan Wawancara Kerja STAR dan Cara Menjawabnya

Wawancara kerja STAR merupakan jenis yang banyak digunakan oleh perusahaan besar. Apa itu Pertanyaan Wawancara Kerja STAR? Bagaimana menjawabnya? 

Wawancara kerja STAR merupakan sebuah terobosan dari wawancara kerja tradisional. Wawancara kerja tradisional cenderung mengajukan pertanyaan normatif seperti apa kelebihan kamu? Apa kekurangan kamu? Apa motivasimu melamar di posisi atau perusahaan ini? Pertanyaan yang cenderung dijawab secara normatif, sambil lalu atau seingatnya. Kamu kalau menghadapi wawancara kerja tradisional pantas bersyukur karena relatif mudah menjawabnya.

Sementara, pertanyaan wawancara kerja STAR sama sekali berbeda. Pertanyaan wawancara kerja STAR berpijak pada anggapan bahwa pengalaman masa lalu akan menentukan kinerja kamu di masa mendatang. Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah kamu tepat untuk suatu posisi maka yang perlu digali adalah pengalaman-pengalaman kamu di masa lalu, terutama mengenai mantan. Pertanyaan Wawancara Kerja STAR meminta kamu untuk menceritakan pengalaman secara lengkap dan detil.

Pertanyaan Wawancara Kerja STAR mempunyai pola yang singkatannya adalah STAR. Apa itu?

  1. SITUATION. Awalnya kamu akan diminta menceritakan pengalaman yang terkait dengan topik tertentu. Misal: Bisakah kamu ceritakan pengalaman kerjamu ketika menghadapi target yang tinggi. Kamu bisa menjawab 1 atau lebih pengalaman sesuai dengan permintaan. Ceritakanlan pengalaman kamu secara detil sehingga orang yang mendengar bisa membayangkan apa yang terjadi pada situasi  tersebut. Kapan terjadinya? Siapa saja yang terlibat? Bagaimana awal kejadiannya? 
  2. TASK. Setelah menjelaskan situasi dari pengalaman, kamu akan ditanya mengenai apa tugas atau misi kamu dalam situasi tersebut. Terkadang pertanyaan ini menjadi satu dengan bagian sebelumnya. Jawablah secara spesifik dan afirmatif mengenai tugas atau misi kamu. Jelaskan target atau capaian yang harus kamu capai. Jelaskan pula mengenai tantangan yang kamu hadapi dalam mencapai target.
  3. ACTION. Pertanyaan ini meminta kamu menceritakan serangkaian tindakan yang kamu lakukan dalam sebuah situasi dan untuk menjalankan tugas kamu. Jelaskan tindakan-tindakan kamu secara spesifik sehingga orang bisa membayangkan apa yang kamu lakukan.
  4. RESULT. Bagian terakhir dari wawancara kerja STAR adalah menggali tentang hasil yang kamu capai dalam sebuah pengalaman. Hasil tersebut tentu mengacu pada jawaban terhadap pertanyaan TASK. Apakah target kamu tercapai? Bila tercapai, apa faktor yang mendukung keberhasilan itu? Bila tidak tercapai, sampaikan apa adanya tapi dengan cara elegan dan tetap optimis. Sampaikan pelajaran yang kamu dapatkan dari kegagalan itu dan apa langkah antisipasi bila menghadapi situasi yang sama di masa depan.

Rangkaian pertanyaan Wawancara Kerja STAR akan berputar pada 4 aspek tersebut dengan topik yang mengacu pada kemampuan yang dibutuhkan suatu posisi. Contoh topik untuk tingkat pelaksana: pencapaian target, tekanan, melakukan kesalahan, atau membangun relasi dengan klien baru. Contoh topik untuk tingkat supervisor atau manajemen: Perencanaan kerja, mengatasi bawahan yang sulit, atau pengambilan keputusan.

Pertanyaan Wawancara STAR

Meski kamu sudah tahu format Pertanyaan Wawancara Kerja STAR, tapi bila tanpa persiapan maka kamu kemungkinan besar tetap grogi menghadapinya. Baca tips mengatasi grogi ketika wawancara kerja, setelah itu pelajari 3 tips berikut ini:

  1. Perkaya pengalaman. Kalau kamu masih mahasiswa, perkaya pengalaman kamu. Jangan cuma kuliah. Dijamin buat kamu yang cuma kuliah akan mengalami kesulitan menghadapi Wawancara Kerja STAR. Makanya, ikutlah kegiatan organisasi mahasiswa, ikut social movement, jadi freelance, atau bikin bisnis sendiri.
  2. Mengingat pengalaman terbaik kamu. Seringkali orang mempunyai banyak pengalaman tapi tidak ingat apa saja pengalamannya. Kalau mau lancar menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja STAR, ingatlah pengalaman-pengalaman kamu terutama pengalaman terbaik. Tuliskan kata kunci dari seluruh pengalaman kamu itu.
  3. Berlatih. Lakukan simulasi dengan teman, mintalah temanmu buat mengajukan Pertanyaan Wawancara Kerja STAR. Mintalah temanmu untuk bertanya sedetil mungkin, semuanya ditanyakan.

Nah demikian ulasan tentang Wawancara Kerja Star dan cara menjawabnya. Semoga bisa buat bekal kamu untuk mendapatkan pekerjaan idaman kamu. Ada yang mau menambahkan tipsnya?

Catatan: Foto diambil dari sini.

Published by

Bukik Setiawan

Blogger

8 thoughts on “Pertanyaan Wawancara Kerja STAR dan Cara Menjawabnya”

  1. Sudah lama tidak menghadapi wawancara, malah lebih banyak obrolan atau diskusi. Jago presentasi juga tidak menjadi keunggulan kalau topik yang dibahas sangat berbeda dengan apa yang biasa kita presentasikan. Ayo, Mas, kopdar!

  2. wah bagus sekali sharing nya pak Bukik…ijin copas ya untuk dibagikan ke teman teman lain..dan memang betul jagoan presentasi tidak menjamin lolos..namun paling tidak sudah ada modal…he..he…sip..tks

Gimana komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.