Pengembangan Karir - Blog Bukik, Tom Peters

Pengembangan Karir itu Tanggung Jawab Kamu Sendiri

Pengembangan karir itu tanggung jawab kamu, bukan orang tua, organisasi tempat kerja, apalagi pacarmu :D. Mengapa begitu? Ikuti penjelasannya

Pengembangan karir bagi sebagian orang adalah tanggung jawab organisasi tempat kerja. “Karirku suram. Ditempat kerjaku hanya orang titipan yang bisa promosi”. Pernah dengar keluhan semacam itu? Iya keluhan yang menyatakan pengembangan karir seseorang itu tanggung jawab organisasi tempat kerja. Benarkah demikian?

Itu benar di jaman dulu. Anggapan yang benar ketika kita ada di jaman industri, ya setara jaman kakek nenek kita masih pacaran :D. Orang masuk kerja ke sebuah tempat kerja dan pensiun di tempat kerja yang sama. Dapat tanggung jawab lebih besar kalau naik jabatan. Naik jabatan ada jenjangnya yang berliku dan banyak syaratnya. Kalau kalah bersaing ya terbuang di pojokan

Jaman berubah. Teknologi berkembang, kesempatan bertambah. Pengertian karir  berubah, begitu pula dengan pengembangan karir. Karir bukan lagi tanggung jawab organisasi tempat kerja. Organisasi tempat kerja memang wajib menyediakan jalur pengembangan karir, tapi tanggung jawabnya ada pada masing-masing orang. Pengembangan karir ada di tanganmu sendiri *lihattangandeh *eh

Nih perhatikan kata-kata kakek Tom Peters di Fast Company

We are CEOs of our own companies: Me Inc. To be in business today, our most important job is to be head marketer for the brand called You.

Tahu kan artinya? :D
Kalau bingung, buka Google Translate deh *dilemparbata

Begini kira-kira
“Kita itu bos buat perusahaan kita sendiri: Perusahaan Aku. Biar eksis di dunia bisnis, pekerjaan paling penting itu menjadi kepala marketing buat brand yang disebut kamu”

Itu kata kakek Tom Peters, kalau mau protes mention saja @tom_peters :D

Apa arti keluhan “Karirku suram. Ditempat kerjaku hanya orang titipan yang bisa promosi”?
Keluhan yang membatasi lingkup pengembangan karirsebatas tempat kerja saat ini. Padahal, mencari tempat kerja baru atau membuka usaha sendiri adalah pilihan karir juga.

Pengembangan Karir - Blog Bukik, Tom Peters

Jadi kalau keterima kerja, jangan terus bersikap pasrah. Pengembangan karir bukan tergantung ke tempat kerja kamu. Kamu penentunya. Ambil tanggung jawab pengembangan karir, taruh di pundakmu, lakukan aktivitas yang bermanfaat dan menyenangkan.

Kamu mau terus belajar mengembangkan diri atau cuma bekerja cari uang? Kamu enjoy ikut training atau ikut training karena terpaksa? Kamu habiskan waktu buat kerja dan bersenang-senang atau bergaul dengan orang dengan passion yang sama? Libur cuma tidur atau melakukan hobi kamu? Kamu kumpul sama orang itu-itu saja atau kenalan sama orang baru? Kamu baca Blog Bukik sesekali atau kamu berlangganan via email? *promosi

Mau Langganan Blog Bukik untuk Pengembangan Karir Kamu? Ketik Alamat Emailmu | Klik | Cek Email Konfirmasi di Inbox Kamu | Klik link di email konfirmasi:

Pengembangan karir adalah tanggung jawab kamu. Apa yang sudah kamu lakukan untuk mengembangkan karirmu?

Published by

Bukik Setiawan

Blogger

5 thoughts on “Pengembangan Karir itu Tanggung Jawab Kamu Sendiri”

  1. setuju mas.
    tapi jarang yang menyadarinya, saya sendiri juga terkadang lupa dan mencaci maki perusahaan yang tidak memberi kesempatan dan lain sebagainya. Makasih banyak mas untuk remindernya ini.

Gimana komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.