Monitor Twitter 3: Apa itu Klout Style?

Pada posting Monitor Twitter 1 dan Monitor Twitter 2@SiBair tanya apa maksudnya Klout Style, mengapa Klout Style-nya beda dengan @RusaBawean, padahal skornya sama. Eh tadi malam @RusaBawean mention nyindir : “@Bukik baru ngecek kloutnya seleb kek ndoro, pak nukman, pandji, koq mereka sama kek Rusa yak thought leader yak. haha”. Emosi nih terpancing si Rusa, jadi, ayo kita obrolin tentang Klout Style. Siap?

Dari grafik diatas, apa Klout Style kamu? Cek saja di Klout.com

Klout Style adalah gambaran pola sebuah akun dalam ngetweet dan interaksinya dengan para follower. Aku sudah mencari berbagai penjelasan tentang Klout Style baik di Klout.com maupun via Google, tapi langka sekali posting atau dokumen yang memberikan penjelasan. Kalau pun ada cuma secuil, irit banget (maklum pertamax mahal gan…)

Jadi posting ini ditulis hanya berdasarkan pengalaman pribadi dan menduga-duga berdasarkan perbandingan antar akun. Yah lebih banyak imajinasinya sih.

Aku mencoba memahami 4 faktor yang digunakan Klout untuk mengkategorikan Klout Style, yaitu:

  1. Sharing versus Creating : Faktor ini membedakan gaya sebuah akun berdasarkan proposisi tweet dan Mention-Retweet. Semakin banyak Mention-Retweet yang dilakukan sebuah akun maka gayanya akan semakin ke kiri, atau Sharing. Semakin banyak tweet yang dilakukan sebuah akun maka semakin ke kanan, atau Celebrities.
  2. Casual versus Consistent : Faktor ini membedakan akun berdasarkan konsistensi keaktifan sebuah akun. Semakin konsisten maka gaya sebuah akun semakin ke kanan, atau Consistent. Semakin tidak konsisten keaktifan sebuah akun maka gayanya semakin ke kiri, atau Casual.
  3. Listening versus Participating : Faktor ini membedakan akun berdasarkan bentuk respon sebuah akun. Semakin sering menanggapi tweet akun lain maka gayanya akan semakin ke bawah, atau Listening. Semakin sering membuat tweet sendiri atau jarang menanggapi tweet akun lain maka gayanya akan semakin ke atas, atau Participating.
  4. Broad versus Focused : Faktor ini membedakan akun berdasarkan sebaran tweet ke jejaring. Semakin tersebar tweet sebuah akun maka gayanya akan semakin ke atas, atau Broad. Semakin terfokus tweet sebuah akun maka gayanya akan semakin ke bawah, atau Focused.

Nah begitu 4 faktor yang digunakan untuk mengkategorikan gaya sebuah akun. Apabila ingin mengubah gaya, silahkan ubah gaya sesuai dengan deskripsi 4 faktor tersebut. Tapi ngomong-ngomong, apa cocok deskripsi atas 4 faktor itu? Kasih masukan dong

Biasanya, akun baru akan berawal dari Klout Style pojok sebelah kiri bawah, atau Observer. Jarang buka twitter, pelit ngetweet, lebih suka baca linimasa dan menanggapi tweetnya orang lain. Dalam beberapa waktu, akan bergeser satu kotak ke atas, kanan atas, atau ke kanan.

Klout Style apa yang paling berpengaruh? Tentu sebaliknya, sebelah kanan atas. Ngetweet secara konsisten, ngetweet yang menjadi bahan percakapan, sering dimention dan diretweet, lebih sering ngetweet daripada menanggapi tweet orang lain.

Apa Klout Style yang ideal? Gak ada. Semua tergantung pada tujuan penggunaan twitter oleh kita. Beberapa orang menggunakan untuk berkomunikasi dengan para ahli di suatu bidang. Ada orang yang menggunakan untuk memantau informasi, biasanya informasi jalan raya. Ada yang menggunakan twitter untuk membangun personal brandnya. Ada yang menggunakan twitter sebagai jalan menuju blognya. Banyak lagi.

Apa Klout Style kamu?

Published by

Bukik Setiawan

Blogger

24 thoughts on “Monitor Twitter 3: Apa itu Klout Style?”

  1. Mungkin yang di maksut tought leader itu seseorang yang suka ngajak followernya buat ngeramein satu hastag ya kayak rusa? mereka yang memimpin untuk sebuah topic? klo broadcaster kayak punyaku mungkin yang sering bikin status dan sering dapet RT unik? soalnya kadang aku sering dapet RT dari orang yang gak follow aku sih.. ini imho loh.. teori abal-abal :D

Gimana komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.