Monitor Twitter 2: @SherinaMunaf dan @Poconggg

Kalau pada posting pertama kita bicara manfaat Skor Klout, sekarang kita bedah komponennya agar lebih efektif dalam memonitor kemajuan Radio Twitter Kita. Intinya, memahami bagaimana Klout menentukan Skor sebuah akun twitter. Sebagai contoh kasusnya, kita akan bedah @SherinaMunaf versus @Poconggg ya. Celebritis dunia nyata versus dunia lain. 

Penjelasan lengkap komponen Skor Klout sebenarnya bisa disimak langsung di What is The Klout Score?

Sudah baca?

Selesai deh gak perlu nulis posting ini. #ngek |

Kalau sudah membaca, Klout menggunakan lebih dari 35 variabel untuk menentukan 3 komponen Skor Klout. Biar gak ngulang baca dan tidak terlalu rumit memahami 35 variabel itu, posting ini berusaha lebih menyederhanakan agar lebih mudah kita menggunakannya. Bila paham tentu lebih efektif menggunakan 7 Jurus Kembangkan Radio Twitter Kita.

Sebagah contoh kasus untuk memahami Skor Klout, kita akan lakukan perbandingan antara @SherinaMunaf dan @Poconggg. Ada yang follow keduanya?

Profil Klout Secara Umum

Profil Sherina & Poconggg

Skor Klout @SherinaMunaf  : 82 dan @Poconggg: 90. Kedua skor yang tergolong sangat besar ini mempunyai arti yang sama yaitu mampu menciptakan jejaring yang sangat besar dan engaged melalui content yang berkualitas tinggi dan terpercaya (#ngek percaya sama @Poconggg?). Walau artinya sama, perbedaan skor menunjukkan perbedaan besarnya pengaruh kedua akun itu.

Style Klout keduanya berbeda, @SherinaMunaf perannya sebagai Thought Leader sementara @Poconggg perannya adalah Celebrity (nah lho, Pocong terlalu banyak main film tuh). Artinya, @Poconggg lebih luas topik yang dibahasnya dan lebih banyak jadi bahan percakapan. Tentang Klout Style ini akan dibahas pada posting terpisah.

Area pengaruh kedua akun ini sama pada kata kunci: entertaiment, sama-sama diingat sebagai entertainer oleh para followernya. Bedanya, @SherinaMunaf  diyakini berpengaruh pada kata kunci: celebrities dan music, sesuai dengan profil pemilik akun. Sedangkan, @Poconggg diyakini berpengaruh pada kata kunci: Indonesia dan humor. Mengapa Indonesia? Bisa jadi sering menjadi TT dari Indonesia. Citra sebagai akun yang mempunyai selera humor memang tidak bisa dipungkiri.

Kedua akun itu sendiri belum mempunyai akun Klout sehingga skor hanya berdasarkan akun twitter dan tidak menggunakan akun Facebook mereka.

Komponen Skor Klout: Network Influence

Network Influence (NI) merupakan ukuran seberapa besar pengaruh sebuah akun terhadap follower dan/atau teman. Simpelnya, seberapa kuat sebuah akun bisa menggerakkan jejaringnya.

Skor NI ditentukan berdasarkan berapa banyak akun yang mengirim pesan, melakukan mention dan melakukan RT pada tweet sebuah akun. Skor Klout akun yang mengirim pesan, mention dan RT juga berpengaruh pada skor NI. Selain itu, berapa banyak list yang memasukkan sebuah akun dan berapa banyak follower dari list tersebut.

Apabila kita login, Klout akan meminta koneksi dengan akun Facebook kita. Oleh karena itu, skor NI akan ditentukan pula berapa banyak teman kita yang memberi like atau komentar pada status FB kita.

Pada akun @SherinaMunaf dan@Poconggg terlihat skornya adalah 88 dan 96. Skor 88 didapatkan dari 45 ribu (45 K) follower yang melakukan mention dan 107 ribu (107 K) yang melakukan RT. Skor 96 didapatkan dari 120 ribu yang melakukan mention dan 292 ribu yang melakukan RT. Bila di total, follower @SherinaMunaf yang aktif adalah 152 ribu dan follower @Poconggg yang aktif adalah 412 ribu.

Oleh karena itu, kunci untuk menaikkan skor NI adalah seberapa banyak follower yang melakukan mention dan RT. Meski jumlah follower berpengaruh, tapi perbandingan kedua akun itu menarik. Walau jumlah follower @Poconggg “hanya” 383.000 atau sekitar 30% dari follower @SherinaMunaf, tetapi jumlah follower yang aktif justru jauh lebih banyak, lebih dari 3 kali lipatnya.

Amplification Probability

Amplification Probability (AP) adalah ukuran seberapa besar kecenderungannya tweet/status kita mendapat respon dari follower. Secara mudah, semakin banyak tweet/status sebuah akun yang mendapat respon maka semakin besar skor AP sebuah akun.

Akun @SherinaMunaf mendapat skor AP sebesar 74 yang berasal dari 178.388 RT (Retweet). Sementara, akun @Poconggg mendapat skor API sebesar 88 yang berasal dari 1.784.163 RT (Retweet). Lagi-lagi akun @Poconggg menjukkan kekuatannya, terlihat jumlah RT yang didapat 10 kali lebih besar dari akun @SherinaMunaf.

True Reach

Skor True Reach (TR) masih dalam tahap pengembangan sampai posting ini ditulis. Skor TR menunjukkan seberapa besar jejaring yang terlibat aktif merespon tweet atau status sebuah akun. Seberapa jauh tweet kita tersebar dalam jejaring twitter.

Tweet akun @SherinaMunaf (447 ribu) tersebar jauh lebih luas dari pada tweet akun @Poconggg (147 ribu). Mengapa begitu? Ada beberapa dugaan, pertama, jumlah follower @SherinaMunaf jauh lebih banyak. Kedua, skor Klout rata-rata follower @SherinaMunaf lebih besar dibandingkan follower @Poconggg, sehingga pengaruh @SherinaMunaf lebih luas jangkauannya. Ketiga, akun @SherinaMunaf dimasukkan dalam list jauh lebih banyak (5267 list) dibandingkan akun @Poconggg yang “hanya” dimasukkan dalam 966 list.

Mana yang kamu follow dari dua akun itu? Tulis di kolom komentar ya

Klik untuk Langganan Bukik.com Melalui Email

Baca Juga: Psikologi @Poconggg atau Mengapa Orang Begitu Menyukainya? 

Published by

Bukik Setiawan

Blogger

26 thoughts on “Monitor Twitter 2: @SherinaMunaf dan @Poconggg”

  1. ah ah ah, tulisan yg menarik dangan gaya bahasa yg menarik pula
    ternyata Surabaya emang punya jagoan kek pak Bukik, dunia harus tau nih

    Ayo semangat pak :)

    Rusa akan pilih @poconggg sebagai buzzer u/ kampanye #savRusaBawean :)
    bener gak pak? hehe

    1. Wah aku kan belajar dan menyimak postingan di blog Rusa yang hebat itu. Sedikit-sedikit lah belajar

      Wahahahahaha
      Aku setuju dengan pilihanmu. Lebih pas dengan karakter Rusa yang humoris

  2. saya follow 2-2nya, @poconggg lebih interaktif sama followers-nya, mis: me-RT Mention, dan gaya humorisnya yg ngeledek diri sendiri. btw statistik n reviewnya mantep pa

  3. Saya lebih pilih @poconggg. Alasannya sederhana aja. Just for fun. Tweetnya @poconggg itu selalu lucu. Jadi timeline saya isinya variatif mulai dari yang serius, curhatan temen2 sampe tweet2 konyol kaya punya si @poconggg ini. Dan satu lagi, setan buntung penguasa jagad raya twitter itu ketua himpunan jomblowan joblowati sedunia pak. Sebagai salah satu jamaahnya saya merasa wajib follow dia. muahahahahahaha :)))

  4. Kok aku nemuin hal yang aneh ya di amplification probability total retweetnya gede tapi skorenya kecil dibandingin dengan akun yang total retweetnya kecil tapi skorenya lebih gede … itu kenapa ya ?

Gimana komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.