search

Mengapa Banyak Resolusi yang Gagal Terwujud?

Resolusi itu seringkali seperti kentut. Ketika keluar langsung bau, setelah itu kentut menguap entah kemana. Mengapa? 

Pada akhir tahun, banyak orang membuat resolusi sebanyak orang yang menyesal karena resolusi tahun sebelumnya tidak terwujud. Ketika membuat resolusi penuh semangat berkobar, tapi perjalanan waktu menyurutkan semangat itu. Persis seperti kentut yang bau, tapi cepat sekali hilang entah kemana. Mengapa demikian? Ada beberapa penyebab mengapa resolusi banyak yang gagal terwujud, beberapa diantaranya adalah

Resolusi yang instan.  Contoh: resolusi buat berhenti merokok, resolusi untuk diet, resolusi untuk rajin olah raga. Tindakan yang mudah & jangka pendek tidak perlu dimasukkan dalam resolusi, bertindaklah sekarang juga. Ketika tindakan yang mudah dimasukkan resolusi itu sebernarnya sedang beralasan untuk melakukan penundaan. Resolusi itu efektif bila berisi proyek jangka panjang, yang butuh waktu kurang lebih 1 tahun untuk mencapainya. Contoh: resolusi skripsi 1 semester, resolusi membeli rumah.

Resolusi khayalan. Contoh: resolusi jadi pacarnya Robert Pattinson atau Kristen Stewart “Twilight”. Memang lebih mudah bikin resolusi khayalan, mudah membuatnya tapi sulit sekali mewujudkannya. Resolusi baiknya bila berdasar pada passion dan kekuatan diri kita.  Jadi kenali passionmu, kenali kekuatanmu, baru membuat resolusi. Selama sesuai dengan passion & kekuatanmu, kamu boleh bikin resolusi selangit

Resolusi yang egois. Contoh: resolusi punya pacar 10. Nah! Baca resolusi itu langsung terasa kesan serakahnya. Orang dengan sendirinya akan menghindar, tidak menjadi bagian dari resolusi yang egois. Semakin egois suatu resolusi, semakin sedikit dapat dukungan. Mungkin resolusi kita tidak perlu bermanfaat bagi umat manusia, tapi setidaknya bermanfaat bagi orang-orang terdekat, seperti orang tua, sahabat atau pacar.

Resolusi yang terlupakan. Satu tahun waktu yang tidak sebentar. Sepanjang rentang waktu itu, kita menangani banyak urusan dan tanggung jawab. Kita pun dituntut memprioritaskan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Biasanya, urusan jangka panjang akan diabaikan demi menyelesaikan urusan sesaat. Oleh karena itu, resolusi harus dibuat tak terlupakan. Caranya? Pertama, buat visualisasi yang memikat. Image inspire action. Jadi selain membuat tak terlupakan, gambar juga akan menginspirasi kita buat bertindak. Kedua, buatlah seluar biasa mungkin. Jangan yang biasa. Biasa itu membosankan dan mudah dilupakan. Misal: Resolusi beli rumah. Pasanglah foto rumah idaman ukuran raksasa, pasang di pintu kamar kos. Dijamin gak lupa.

contoh desain visual mural tema Muda Beda Indonesia contoh desain visual mural tema musik internet

Nah itu 4 faktor yang membuat resolusi gagal terwujud. Sayang bila sudah susah-susah bikin resolusi tapi tidak terwujud karena tidak tepat sejak merancangnya. Padahal resolusi bisa menjadi bagian penting dalam membangun personal brand. Resolusi bisa menjadi media untuk memantau kemajuan personal brand, sekaligus sebagai media untuk mengawali proyek personal untuk menguatkan personal brand kita. Tanpa proyek personal, personal brand  hanya ada dikhayalan kita.

Kalau ingin serius menjadikan resolusimu sebagai media untuk menguatkan personal brand, kamu pasti tertarik dengan program #ResolusiWOW. Apa itu? #ResolusiWOW adalah ajakan buat warga kota Surabaya & Jogja buat menjadikan resolusinya sebagai mural yang mempercantik sudut kota.

Apa itu mural? Mural itu lukisan tembok (Lengkapnya baca disini). Lihat saja contoh 2 buah mural di posting ini. Cantik kan? Bayangkan tembok-tembok kota Surabaya & Jogjakarta yang kosong dihiasi dengan lukisan tembok itu. Bayangkan bila lukisan tembok itu berisi resolusimu yang WOW! Kamu pastinya akan teriak WOW!

#ResolusiWoW merupakan ajang kolaborasi seniman mural X-Go, pihak sponsor dan kamu yang punya #ResolusiWOW. Jadi tidak perlu repot bikin mural sendiri. Tinggal bikin #ResolusiWOW! Tentu tidak sembarang resolusi yang akan dibuat menjadi mural, hanya #ResolusiWOW. Tertarik buat ikutan? Lumayan lho buat memperkuat personal brand kamu. Buat narsis juga boleh *eh

Bagaimana caranya? Tweetkan resolusi kamu dengan tagar #ResolusiWOW. Buat yang di Surabaya mention ke  @tseljawabali & @jejeradiosby. Buat yang di Jogjakarta, mention ke @TselJatengDIY. Tweet #ResolusiWOW kamu ditunggu sampai sebelum malam tahun baru. Mudah kan? Habis ngetweet terus berdoa yang banyak. Berdoa biar #ResolusiWOW punyamu terpilih…..

Apa #ResolusiWOW punyamu untuk memperkuat personal brand? 

Incoming search terms:

Tags: , , ,

11 Comments

  1. Posted December 24, 2012 at 10:01 pm | Permalink

    Hanya ingin menepati janji pada diri sendiri untuk belajar menulis setiap hari. Itu resolusi bukan ?

  2. Posted December 30, 2012 at 7:42 am | Permalink

    Kalau aku mikirnya resolusi itu harus bisa diukur mas. semisal menjadi org yg lebih baik itu bukan resolusi. ya walaupun niat baik tetep harus dilaksanakan tapinya.

    Nah. pertanyaan aku kalau kegiatan yg udah direncanakan dengan matang misal menikah itu resolusi juga bukan. kalau gt rrsolusi aku menikah aja di tahun depan ah. soalnya insyaAllah pasti terlaksana.. hihihi

    • Posted January 1, 2013 at 5:09 pm | Permalink

      Kalau dilihat dari sisi kriteria agar resolusi berhasil memang betul. Resolusi harus bisa diukur, bukan sekedar khayalan kan…..
      Hahaha menikah bisa jadi resolusi, tantang lebih lagi, menikah yang seperti apa?

  3. Posted January 1, 2014 at 11:50 am | Permalink

    kentutlah yang banyak agar selalu inget dengan resolusimu hehe

    • Posted November 19, 2014 at 3:11 am | Permalink

      & SINGGIHterimakasih atas komentarnya, kami setjuu bahwa zona ancaman memang sebaiknya bukan berdasarkan wilayah administrasi, melainkan real hazard atau deliniasi ancamannya dilapangan, tetapi untuk menggambarkan kedalam peta hal tersebut memerlukan waktu dan proses yang lama. Peta yang kami buat bertujuan memberikan gambaran awal wilayah administrasi dalam hal ini desa yang masuk dalam jangkauan jarak sesuai dengan yang diterapkan pemerintah. peta akan kami update dengan menambahkan wilayah KRB dan sungai untuk gambaran ancamannyaterimakasihpusat krisis BNPB

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

Blog Bukik - Karir, Teknologi dan Organisasi