search

Manajer atau Leader?

Setelah saya meluncurkan seri The Dancing Leader dan Manajer Apresiatif, ada yang bertanya “apa sih bedanya leader dengan manajer?” “Kalau di tempat saya, semuanya itu manajer, terus siapa yang jadi leader?” 

Apa bedanya leader dengan manager?

Leader berasal dari kata “lead” atau mengarahkan yang artinya “show (someone or something) the way to a destination by going in front of or beside them”. Simpelnya, menunjukkan orang-orang jalan menuju suatu tujuan. Kata kuncinya, jalan dan tujuan.

Manager berasal dari kata “manage” atau mengelola yang artinya “administer and regulate resources”. Simpelnya, menata dan mengatur sumber daya. Kata kuncinya, menata dan mengatur.

Apa sudah terasa bedanya?

Kalau secara aktivitas, apa bedanya leader dengan manajer? Menurut Kotter bedanya seperti berikut ini.

Manajer itu aktivitasnya adalah:

  • Perencanan dan penganggaran
  • Pengorganisasian dan pemilihan staf
  • Pengendalian dan penyelesaian persoalan
  • Memastikan sistem kompleks (orang dan teknologi) berjalan efisien dan efektif, jam per jam, hari per hari.

Leader itu aktivitasnya adalah:

  • Menciptakan visi dan strategi
  • Menetapkan dan mengkomunikasikan arah organisasi
  • Memotivasi orang untuk bertindak
  • Menyelaraskan orang-orang
  • Menciptakan sistem yang dapat dikelola manajer dan mentransformasikan sistem ketika dibutuhkan untuk pengembangan

Apa sudah terlihat bedanya?

Kalau diperbandingkan, manager itu ibarat otak kiri dan leader itu ibarat otak kanan. Manajer itu lebih mengatur. Leader itu lebih membebaskan.

Ada juga yang tanya apakah leader dan manajer itu adalah pejabat atau orang yang mendapat SK? Manajer hampir bisa dipastikan adalah orang yang ditunjuk secara formal. Sementara Leader, sebagian adalah mereka yang ditunjuk tapi sebagian lagi orang-orang biasa yang tidak menduduki posisi secara formal.

Nah ternyata suatu organisasi bisa dianalisis berdasarkan fungsi manajer dan leader ini. Kotter punya matriks menarik untuk menganalisis organisasi kita. Lihat gambar dibawah.

Organisasi yang keren itu yang fungsi manager dan leadernya sama menonjolnya. Fungsi leader menonjol akan membuat organisasi menjadi inovatif, adaptif dan penuh energi, tapi kalau organisasi besar bisa menimbulkan kekacauan. Fungsi manajer yang menonjol akan membuat organisasi menjadi solid bila mempunya market share yang besar, tapi organisasi akan menjadi birokratis dan gagal beradaptasi terhadap perubahan lingkungan.

Oleh karena itulah, aku meluncurkan the dancing leader dan manajer apresiatif, sebagai upaya memfasilitasi organisasi menjadi organisasi yang lestari dan unggul.

Bagaimana dengan organisasi anda? Lebih menonjol mana fungsi manajer atau leader?

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

Blog Bukik - Karir, Teknologi dan Organisasi