inovasi 2

Inovasi Bermakna, Inovasi buat Indonesia

Inovasi bukan hanya mengenai teknologi, tapi juga mengenai manusia. Mari temukan inovasi bermakna, inovasi buat Indonesia. Berani terima tantangan ini?

Banyak orang menganggap inovasi adalah urusan teknologi. Bahkan pemerintah pun mempunyai anggarapan kurang lebih sama. Pusat-pusat inovasi cenderung hanya melibatkan ahli teknologi. Ketika teknologi tercipta, persoalan kemudian lahir. Mulai dari ketidaksesuaian inovasi dengan persoalan masyarakat, ketidaksesuaian kapasitas masyarakat dalam mengadaptasi inovasi, hingga gagalnya inovasi memancing gairah masyarakat untuk menggunakannya.

Kondisi ini yang kemudian membuat jurang antara persoalan masyarakat Indonesia dengan inovasi yang dihasilkan oleh para inovator. Sementara dari hari ke hari persoalan masyarakat terus menumpuk karena penyelesaiannya tidak pernah bersifat inovatif, tapi lebih ke gradual atau bahkan menggunakan solusi dari luar konteks masyarakat. Solusi pada sebuah bidang menjadi persoalan di bidang lain, berputar menjadi lingkaran setan.

Saya sendiri mulai tersadar ketika membaca artikel di Kompas beberapa tahun yang lalu yang mengulas sosok desainer. Saya langsung cari di Facebook, add as friend dan beberapa saat kemudian undangan pertemanan saya diterima. Saya pun mengirim pesan perkenalan. Suatu kesempatan saya mengundang sosok tersebut untuk berbagi pengalaman. Silahkan simak video berikut ini:

Pidato Singgih Susilo Kartono di SL MPPO 2 2010 from bukik setiawan on Vimeo

Betul, beliau adalah Singgih Susilo Kartono, desainer Radio Magno. Singgih berangkat dari keprihatinan mengenai Indonesia yang menjadi penghasil kayu terbesar tapi tidak mempunyai ikon kelas dunia yang terbuat dari kayu. Ia pun memilih mendesain radio kayu dengan desain yang menyentuh emosi, sederhana dan alami. “Radio itu sempurna karena ketidaksempurnaannya,” tegas Singgih. Berkat kerja kerasnya saat ini Radio Magno telah diekspor ke puluhan negara di Eropa, Jepang, AS, Brasil dan lainnya.

Menariknya Radio Magno didesain dan diproduksi bukan di kota, tapi di desa di tengah Jawa Tengah. Rumahnya jauh dari jalan utama yang menghubungkan Semarang – Yogyakarta. Saya kemarin  mendapat kesempatan berkunjung ke rumah beliau. Saya sempat berputar balik sebelum akhirnya di jemput Mas Singgih :D

inovasi
Saya bersama Mas Singgih dan Isteri

Radio Magno bukan sekedar inovasi. Radio Magno adalah inovasi yang bermakna bagi penggunanya maupun bagi masyarakat di sekitar tempat produksinya. Pembuatan Radio Magno memberi alternatif lapangan kerja buat para pemuda yang pada waktu itu cenderung pergi ke kota buat menjadi buruh pabrik. Radio Magno mengubah persepsi masyarakat mengenai kayu, dari sekedar komoditas menjadi bagian dari kehidupan yang berharga. Dampaknya masyarakat lebih menghargai pohon dan bersedia terlibat dalam upaya penghijauan.

Ketika melampui lingkup teknologi, ketika menjadi bermakna, maka inovasi mampu menyelesaikan berbagai persoalan masyarakat sekaligus.

Dalam perspektif Berpikir Desain, sebuah inovasi melibatkan 3 aspek yaitu psikologi, teknologi dan bisnis yang digabungkan dalam sebuah desain. Inovasi bermakna lahir dari pemahaman mengenai manusia dan budaya masyarakat untuk menghasilkan sebuah inspirasi yang menjadi solusi. Inovasi bermakna dirancang menggunakan teknologi menengah (bukan yang terlalu canggih, bukan yang terlalu sederhana). Inovasi bermakna pun dipikirkan sisi keberlanjutannya.

Ada beberapa tantangan dalam mengembangkan inovasi yang bermakna. Pertama, kesediaan mengkolaborasikan keahlian dengan beragam keahlian yang lain. Mengapa? Sangat sedikit orang yang menguasai bidang teknologi, psikologi, bisnis dan desain sekaligus. Tanpa berkolaborasi, proses pengembangan inovasi bermakna akan timpang. Kedua, kemauan untuk melakukan riset terhadap perilaku manusia yang menjadi sasaran pengguna. Riset disini bukan berarti survey, tapi lebih ke riset kualitatif, obervasi dan wawancara untuk mendapatkan kedalaman pemahaman.

inovasi 2
Workshop Radio Magno

Ketiga, inovasi yang bermakna bagi masyarakat seringkali dipandang sebelah mata oleh para pebisnis. Meskipun ada bukti bahwa inovasi yang memberikan layanan gratis buat masyarakat sebenarnya punya potensi bisnis yang laur biasa, tapi inovasi bermakna belum banyak dilirik. Dampaknya kurangnya dukungan untuk mengembangkan inovasi yang bermakna.

Tantangan pertama dan kedua sifatnya internal, kembali pada kemauan kita, para inovator. Sementara, tantangan ketiga sifatnya eksternal, lebih banyak tergantung pada pihak lain untuk mengatasinya. Dalam beberapa tahun terakhir, sebenarnya telah ada pihak-pihak yang bersedia untuk memberikan dukungan. Salah satunya, pada tahun ini Phillips Indonesia meluncurkan program Innovation That Matters to You.

Melalui “Innovation That Matters to You”, Philips ingin mengumpulkan, menjaring dan mengimplementasikan ide-ide inovatif yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang sejalan dengan visi-misi Philips. Adapun 3 tema yang akan menjadi fokus dari program ini adalah:

  1. Pengembangan Daerah Pedesaan yang Berkelanjutan
  2. Membantu Para Ibu dalam Merawat Keluarga
  3. Meningkatkan Akses Layanan Masyarakat

Kamu punya ide untuk membuat Indonesia lebih baik pada ketiga bidang tersebut? Dari pada idemu hanya jadi khayalan kosong, lebih baik segera kirimkan idemu ke program ini. Ada berbagai hadiah untuk ide-ide pilihan dan dukungan sampai 1,5 Milyar Rupiah untuk merealisasikan dua ide terpilih. Ingin lebih jelas mengenai program ini? Kamu bisa saksikan video dibawah ini atau langsung meluncur ke situs Inovasi Bermakna.

Tertantang buat berkontribusi pada Indonesia yang lebih baik? Kirimkan segera ide inovasi bermaknamu ke Inovasi Bermakna

Disclaimer: Blog Bukik adalah media partner program Innovation That Matters to You oleh Philips Indonesia.

Published by

Bukik Setiawan

Blogger

3 thoughts on “Inovasi Bermakna, Inovasi buat Indonesia”

  1. Dear Mas Bukik
    Salam kenal
    senang sekali bisa menemukan artikel Mas Bukik.
    saya dapat info dari mbak Sekar yang tinggal di Belanda, sewaktu berkenalan dan ngobrol banyak tentang pola mendidik anak, beliau merekomendasikan untuk browshing bukik.com

    wassalam
    Puji N

Gimana komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.