Hidupkan Blogmu dengan Program Unik dan Personal

Blog adalah media kita untuk menjadi sosial dalam lingkup luas. Gunakan program unik & personal menghidupkan komunitas blog kita.

Hari ini istimewa. Begitu tiba di rumah setelah perjalanan dari Jakarta, aku mendapatkan sebuah kartu pos menarik dari seorang kawan blogger, Donny Verdian, blognya Donnyverdian.net atau ditwitter dikenal sebagai @dv77. Awal aku mengenal beliau gara-gara heboh posting Kalian tidak sedang menjual blog kalian, kan?. Sejak itu, aku berlangganan blognya via email. Tapi justru via aplikasi twitter aku sampai ke posting menarik berjudul Kpd Yth.

Posting Kpd Yth adalah salah satu program unik yang membuat blog Donnyverdian.net jadi hidup dan keren. Program ini ada karena beliaunya ingin terapi menulis tangan, alih-alih menulis menggunakan komputer. Karena itu, beliau berjanji mengirim kartu pos dari Australia kepada mereka yang ikut program ini. Kartu pos ini sebagai penghargaan terhadap pembaca setia blognya.

Aku beruntung terpilih sebagai salah satu penerima kartu pos dari Donny Verdian. Terima kasih Mas atas kehormatan ini. Kartu pos ini sederhana dan mungkin bagi banyak orang dianggap tidak bernilai. Tapi di mataku, kartu pos ini begitu berharga. Mengapa? Kartu pos ini spesial buatku dengan ucapan yang spesial pula.

Sayangnya……..nah ini yang bikin sedih. Kartu pos itu datang ketika tidak ada orang di rumah dan di terima oleh anakku. Dan dengan tanpa merasa bersalah, anakku memperlakukan kartu pos itu sebagai mainan. Ditekuk-tekuklah kartu pos tersebut. Maafkan Mas Don……

Apa yang bisa kita pelajari dari program kartu pos Kpd Yth karya Donny Verdian ini? Pertama, blog lebih dari sekedar ajang kita memuaskan diri dalam menulis. Blog adalah media bagi kita untuk menjadi sosial. Kita bisa menjadi sosial melalui blog. Menjadi sosial berarti menjadi kenal, dikenal, berinteraksi, dan membangun relasi sosial yang hangat dalam lingkup yang begitu luas. Untuk apa menjadi sosial? Tergantung pada kita. Bisa untuk memenuhi kebutuhan bersosialisasi. Bisa untuk membangun personal brand.

Blog itu media kita. Imajinasikan kita mempunyai sebuah stasiun radio sendiri. Sebagaimana twitter itu ibarat radio kita, begitu juga dengan blog atau malah kita sinergikan kedua media sosial itu. Nah kita bisa menciptakan berbagai program untuk menarik dan melibatkan pembaca dalam media blog kita. Beberapa ide program itu diantaranya adalah :

  1. Program apresiasi pembaca. Contoh program ini adalah kartu pos Kpd Yth yang dilakukan oleh Donny Verdian. Sebuah program sederha tapi penuh makna dan sentuhan personal yang bertujuan memberi apresiasi buat pembaca blog kita.
  2. Program survey masukan pembaca. Aku pernah meluncurkan program semacam ini yang berjudul Masukan buat Bukik.com. Apa manfaatnya? Kita bisa mengetahui harapan pembaca blog sehingga kita bisa memutuskan seberapa jauh kita akan memenuhi harapan tersebut.
  3. Program sesuai momen tertentu. Blog Bukik.com punya program yang disebut Kado Merdeka yang telah berjalan dua tahun. Program ini mengajak orang untuk memberikan kado pada Indonesia di hari ulang tahunnya.
  4. Program tantangan pembaca. Aku pernah baca suatu blog dimana penulisnya membeberkan beberapa rahasia dirinya dan menantang pembaca untuk menulis poin yang sama di blog masing-masing.

Ada banyak lagi ide program yang bisa diciptakan oleh seorang blogger. Prinsipnya program itu unik sehingga memikat pembaca, personal sehingga penuh sentuhan hangat, sesuai dengan karakteristik dan misi sebuah blog.

Apa ide program kreatif yang terbayang untuk blog anda? 

Klik untuk Langganan Bukik.com Melalui Email

Published by

Bukik Setiawan

Blogger

47 thoughts on “Hidupkan Blogmu dengan Program Unik dan Personal”

    1. Kalau belajar dari kartu pos itu, sentuhan personal justru jadi penguat. Sementara kalau pulsa, sentuhan personalnya gak kerasa. Ayo semangat……

  1. gag tau mengapa kok ingin “netes” setelah membaca posting pak Bukik yang ini TT
    pak Bukik… jangan bosen ya untuk mengisnpirasi banyak orang… semoga Allah memberikan kesehatan dan banyak inspirasi ke pak Bukik agar lebih banyak menginspirasi orang2………………………….

  2. Makasih udah dituliskan secara spesial di sini, Bung Bukik!
    Anda berhasil meng-capture niatan saya untuk menulis kartupos dan mengirimkannya.. tepat sekali, aku menggunakan blog dan mengejawantahkan kata ‘social media’ benar-benar sebagai media untuk bersoialisasi tentang diriku dan diriku berbuat sosial yang semoga menjadi ‘sesuatu’ untuk sesama :)

  3. Aku juga dapet dari DV dunk mas ;)
    Tapi gambarnya beda ^_^

    Ide untuk blog? Hmm tahun ini krn kesibukan, aku belum bisa arrange acara mas, tp tahun lalu aku bikin sayembara menulis prosa :)

    Yep, blogger memang bisa berbuat sesuatu

  4. Saya kaget saat membaca posting waktu itu, banyak yang terhenyak. Dan memang sekarang sudah terlalu melampaui batas, blogger tak ada garis yang membedakan ‘pantas’ atau tidaknya menerima ‘job’. Ini juga harus diperhitungkan hingga kita memang menghasilkan ssesuatu berkualitas :)

    1. Hehehe OOT nih…..
      Kuncinya: perlakukan blog kita sebagai media yang mempunyai pembaca. Pembaca blog ini yang perlu kita kelola. TV saja kalau kebanyakan iklan kita pindah saluran kok. Apalagi blog

  5. Blog itu memang bisa menjadi media untuk mencitrakan siapa diri kita. Dari blog, kita juga bisa menemukan teman baru. Aku juga pernah ngasih kartu pos ke seorang teman blogger di luar kota :) Bukik, blognya bagus :)

  6. Benar-benar niat ngeblog ini, sudah seperti mengelola majalah tingkat nasional.
    Ide-idenya menarik juga, kalau cuma update tanpa event2 tertentu memang tidak terlalu istimewa. *mikir, kira2 buat acara apa ya#????

  7. Setuju. Makanya saya pilih-pilih kalau dapet tawaran iklan. Bukannya saya nolak duit, tapi klo iklannya nggak sesuai dengan citra yang ingin saya bangun malah jadi nggak konsisten. Untuk jangka panjangnya justru ngerugiin. Jadi inget, punya dua postingan yang belum diupload gara2 blum selesai diedit :)

  8. sumpah dari pagi saya keperangkap di blog ini, artikel-artikel yang ditulis sama bukik keren-keren, dapet ilmu banyak saya, klo blog saya si baru jadi, belum punya postingan malah *malu* . saya masih bingung apa yg harus saya tulis di blog, mohon masukannya

  9. Kalau kata kaskuser : nice post gan!

    Menurut saya, jika ada sentuhan personalnya, bahkan dengan ada visualisasi fisiknya, seperti kartupos pasti akan membuat pengalaman yang memorable!

    Trims sudah sharing yaa

  10. Salamualaikum..
    ehm. ngeliat blog bapak, saya jadi pgen bikin blog juga..
    tapi waktu saya udah berhadapan sm kotak kosong entri baru, saya bingung mau nulis apa..
    ada ide?

  11. wah iya ya pak, blog seharusnya menjadi sarana ‘move on’ yang bagus walau mungkin tidak secepat social network. saya selalu merasa movement program hanya bisa dilakukan untuk blog yang udah well known…

Gimana komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.