search

Bukik Bertanya: Rahasia Melati @LeoniSecret

Ia adalah rahasia. Bukan rahasia yang disimpan. Justru rahasia yang dibagikan untuk menginspirasi. Ia adalah @LeoniSecret. 

Aku lupa bagaimana aku mengenal @Leonisecret. Kalau tidak salah ingat sih gara-gara baca blog LeoniSecret.com waktu aku mencari kata kunci “personal brand”. Dari blog langsung menuju twitter dan mengetahui salah satu kiprahnya di #aksisosialIndonesiaUnite. Akhirnya tahu juga kalau dia berasal dari Surabaya, lulusan Unair, bintangnya sama aku, bahkan tanggal lahir pun sama….*gakpenting

Setelah celometan di linimasa twitter sekian lama, akhirnya aku bertemu dengan @LeoniSecret di forum Fresh Surabaya. Kami sama-sama jadi pembicara yang memperbincangkan topik Ini Prediksi Dunia Online 2011. Begitu selesai acara, barengan @Imammtq, @Sibair, @Rusabawean (siapa lagi ya?) langsung menuju ke Sego Sambel Wonokromo yang terkenal itu. Makan dengan lahap diselingi obrolan ngalor ngidul sampai menjelang tengah malam.

Bila berjumpa dengannya, kita akan menemui sosok yang percaya diri dan berbicara secara meyakinkan. Tapi dibalik tampilan itu, ada sebuah perjuangan besar untuk mensiasati kelemahan yang telah dilakukan @leonisecret. Mengikuti impiannya, @leonisecret memaknai kelemahannya dan mencari celah untuk melakukan terobosan. Baca saja posting Manfaatkan Kekurangan Jadi Pemicu Keuntungan, bagaimana kita akan mengetahui @leonisecret mensiasati kelemahannya.

Walau masih muda, @leonisecret sudah malang melintang di bidang public relation khususnya di dunia digital. Ia pernah berkarir di Semut Api Colony – Klix Digital dan sekarang mengomandani Public Relation di Dwi Sapta, sebuah agensi periklanan terintegrasi. Agak heran juga sih melihat karirnya ketika tahu @leonisecret itu lulusan akuntasi hehe. Tapi dunia PR memang telah menjadi pilihannya, terlihat dari pilihan @leonisecreat untuk melanjutkan studi S2 di jurusan Corporate & Marketing Communication.

Penasaran dengan sosok @LeoniSecret? Simak kisahnya hanya di Bukik Bertanya…..

Tentang Identitas Diri

Nama saya Leonita Julian. Tapi di ranah daring (online) saya lebih dikenal dengan nama Leonisecret. Nama ini sebenarnya adalah nama blog saya, karena saya ingin membagi ‘rahasia’ yang bisa menjadi inspirasi bagi pembaca. Menjadikan ‘rahasia’ yang biasanya tabu menjadi sesuatu yang menginspirasi. Karena @leonisecret saya gunakan untuk nama akun twitter saya, sehingga lebih banyak orang mengenal saya dengan leonisecret. Di kalangan teman-teman, saya dipanggil Leoni, Nita, dan Ita.

Tentang Pengalaman yang Menggetarkan

Pengalaman menggetarkan bersama ayah? agak bingung, karena jarang banget ketemu. Kayaknya ga ada cerita yang gimana2, yang paling istimewa mungkin saat makan malam bersama di rumah setahun lalu, karena jarang banget. itu aja. hihi

Pengalaman bersama Ibu: sebenarnya jarang juga bertemu, ajaran Ibu sangat keras, tapi sekarang jadi tahu kenapa mama dulu keras banget atau kenapa mama selalu pilih-pilih banget untuk pasangan hidupku, karena mama gak pengen aku mengalami yang mama alami.

Dulu selalu ngiri ke teman-teman, krn mama ga pernah bisa ambil rapotku. Sekarang sih paham kesulitan mama yang sendirian nafkahin 4 anaknya. mungkin kalau aku di posisinya belom tentu bisa sekuat beliau. Benar2 jadi inspirasi untuk jadi perempuan mandiri, survive, dan cerdas.

Tentang Kejadian yang Mengubah Diri

Pada saat masih kuliah di Akuntansi Unair, saya merasa bahwa ini bukan passion saya, tetapi hanya karena mengikuti jejak ibunda. Akhirnya saya justru mengikuti sekolah informal di bidang komunikasi dan mendirikan Event organizer bareng teman-teman, hingga akhirnya saya mengambil tawaran kontrak sebagai staff Humas di salah satu BUMN di saat masih kuliah. Berawal dari situlah saya menemukan passion Public Relations, karena saya sangat enjoy dengan pekerjaannya dan tidak lelah belajar saat menjalaninya.

Pada saat Ultah majalah Tempo, saya mewakili Presiden Direktur tempat saya bekerja, saat itu saya masih sebagai  Sekretaris Presiden Direktur yang banyak bertugas di belakang meja. Di acara ultah itu saya ngobrol banyak dengan para pejabat dan pentolan media, di situlah saya merasakan kenyamanan. Sejak itu saya yakin untuk memilih Public Relations sebagai bidang saya. Seminggu setelah acara itu saya resign dan fokus di kuliah S2 Komunikasi dan aktif di kegiatan berbagai komunitas.

Saat awal membuat leonisecret.com, saya menuliskan segala apa yang saya tahu tentang pengalaman saya di dunia komunikasi dan juga pengalaman pribadi yang bisa menjadi pelajaran/inspirasi bagi orang lain, ternyata banyak pembacanya adalah mahasiswa S1 komunikasi. Sesuai dengan target! Dan sejak adanya leonisecret.com saya mantap untuk sharing ilmu komunikasi dan personal branding berdasarkan pengalaman pribadi, bukan sekedar teori.

Tentang Peristiwa Kebetulan yang Mengubah Jalan Hidup

Pelecehan yang pernah saya alami tadinya membuat saya marah, selama beberapa bulan merasa menjadi perempuan yang paling sial. Tetapi ada satu titik, seperti mendapat pencerahan, di mana akhirnya saya memutuskan memanfaatkan kesialan itu menjadi keuntungan. Pelecehan adalah hal yang paling saya takuti, pada waktu kecil, saya bukan takut setan atau hantu seperti yang ditakutkan anak-anak kecil yang lain, tetapi takut ada seseorang tak diundang tiba-tiba masuk kamar melalui pintu atau jendela. Dan ternyata saya mengalami pelecehan dan berhasil melewati masa-masa buruknya. Jadi..apalagi yang harus saya takutkan? Tidak ada gunanya kita berkeluh pada apa yang terjadi. Kalau jeli, pasti ada hikmah di balik semua cobaan Tuhan, dan Tuhan memberi cobaan tidak di luar kemampuan manusia.

Saya putuskan untuk memanfaatkan segala kesialan saya sebagai pelajaran bagi orang lain dengan cara menginspirasi mereka melalui leonisecret.com. Berharap, pembaca akan jeli untuk mengikuti jejak terbaik dan tidak mengalami apa yang menjadi kesalahan saya. Sejak saat itu saya selalu berani mengambil tantangan dan kesempatan yang diberikan kepada saya. Kalau tidak sekarang, kapan lagi, karena kesempatan tidak datang 2x. I’m a risk taker! Tulisan-tulisan di leonisecret.com hampir semuanya adalah berdasarkan pengalamanan pribadi, jadi bukan hanya teori tetapi storytelling jejak kesuksesan. Jadi, kalau saya mampu mencapai cita, pasti pembaca juga mampu.

Tentang yang Dihargai

Dari diri sendiri, saya beruntung memiliki keberanian, kreativitas, kejelian, dan sedikit kenekatan, tapi dengan perhitungan. Haha. Yang jelas sih saya harus bisa menghargai diri saya sebelum mampu menghargai orang lain.

Keluarga : saya beruntung dibesarkan oleh mama yang kuat dan cerdas, benar-benar menjadi sosok yang menginspirasi saya. Saya dibesarkan dengan didikan yang keras, itu membuat saya mandiri dan mudah survive seperti sekarang.

Saya menghargai orang lain seperti saya ingin dihargai oleh orang lain, siapapun itu.

Saya menghargai kehidupan yang saya miliki, baik atau buruknya. Segala yang buruk menjadi guru terbaik untuk saya yang akan menjadi inspirasi ke depannya. Segala yang baik menjadi ucapan syukur dan cobaan untuk menjadi lebih baik lagi, dan berguna bagi kehidupan saya sendiri dan orang lain.

Tentang Simbol Diri

Melati. Bunga melati bisa tumbuh di antara belukar. Saya punya tanaman bunga melati di rumah, sudah bertahun-tahun, tidak ada yang merawat atau bahkan sengaja menanamnya pun tidak, tetapi dia bisa tumbuh subur, dengan warna yang putih murni, bersih, indah. Bunga melati yang harum ini juga selalu dicari dan bermanfaat bagi  kehidupan, dari sejak mengiringi pernikahan hingga kematian. Tanpa perawatan, tidak menjadi benalu tetapi justru menebar harum.

Saya dibesarkan dengan keras, dilepas tanpa pengawalan, tetapi justru itu yang membuat saya survive, tidak manja dan kuat. Segala masalah yang dulu terjadi justru saya syukuri, karena menjadi guru terbaik untuk saya, dan saya manfaatkan sebagai pengalaman untuk memberi solusi dan menginspirasi orang lain.

Tentang Imajinasi Indonesia 2030

Yang saya impikan, orang bekerja sesuai passionnya, bukan karena terpaksa menerima pekerjaan karena asal diterima. Semua orang memiliki bakat dan mendapat kesempatan menemukan dan mengembangkan bakatnya. Pemerintahnya memberikan kemudahan berupa pendidikan gratis/murah, juga berbagai fasilitas, karena hasilnya untuk bangsa juga. Pendidikannya pun tidak berdasar hafalan, tetapi praktek, penelitian, dan analisa, karena hafalan sudah tidak relevan lagi di jaman digital ini.

Agar imajinasi itu terwujud, saya akan berkontribusi dengan cara terus belajar dan berbagi ilmu, karena  dengan banyak belajar (baik dari buku, sekolah, ataupun kehidupan), saya bisa berbagi ilmu dengan banyak orang, dan makin banyak yang mampu mewujudkan cita/impiannya.

Tentang Judul Biografi Diri

The Inspiring Secret

Tentang Hal Konyol

Pada saat saya susah memaafkan seseorang, yang ada kita justru jadi tidak tenang, insecure, dan penuh kebencian. Sama sekali tidak ada keuntungan

___________________________________________

Apa yang kupelajari dari kisah @leonisecret? Ketangguhannya dalam mengubah kelemahannya menjadi sebuah kekuatan. Bukan dengan memperbaiki kelemahan itu tapi dengan memaknai secara berbeda sehingga mendapatkan langkah terobosan untuk mensiasati kelemahan. Lihat saja bagaimana kelemahan yang orang lain akan merahasiakannya justru bisa diubah menjadi inspirasi oleh @leonisecret.

Apa yang anda pelajari dari kisah @leonisecret? 

Tags: , , , ,

16 Comments

  1. Posted February 19, 2012 at 1:37 pm | Permalink

    dari akuntan menuju PR karena mengikuti passion keren mbak @leonisecret
    baik atau buruk pengalaman yg kita jalani,
    pengalaman terkadang bisa membawa kita ke kehidupan lebih baik
    *pukpuk pengalaman

  2. Posted February 19, 2012 at 1:51 pm | Permalink

    cantik ya Om

  3. Posted February 19, 2012 at 4:41 pm | Permalink

    aku bertemu pertama kali pas forum FreSh Surabaya dan langsung mengikutinya di twitter, @leonisecret, tweetnya banyak yang bermanfaat. mbak leoni atau akrab disapa mbak nita ini figur yang keren dan sangat menginspirasi bagiku.

  4. boeloek
    Posted February 19, 2012 at 5:12 pm | Permalink

    Background APAPUN bisa membuat manusia jadi APAPUN. Pada akhirnya keDIRIan yang menuntun manusia menuju DESTINY-nya…..a beautiful girl *like the beauty of ur future*

  5. Posted February 19, 2012 at 7:12 pm | Permalink

    inspiring Leoni
    beautiful person
    great story from bukik.com
    that’s why i love bukik.com

  6. Posted February 19, 2012 at 7:58 pm | Permalink

    Suka banget sama Mbak Leoni. Dan seneng bgt berkesempatan ketemu Mbak Leoni di Medan. ^^

  7. jarwadi
    Posted February 20, 2012 at 11:07 am | Permalink

    sangat inspiring mas, pilihan ibunda tidak selamanya sejalan dengan passion seorang anak meski si anak menurut nurut saja, hehe thanks for secret sharing :)

  8. Posted February 20, 2012 at 4:03 pm | Permalink

    kalau baca rubrik bertanyanya mas bukik ini bagaikan membuka mata bahwa sangat banyak anak muda di indonesia ini yg penuh inspirasi.. mudah2an segala tentang indonesia 2030nya kesampaian yak.. aaahh indonesia pasti indah deh :)

  9. Posted February 20, 2012 at 10:50 pm | Permalink

    Melati yg menebar harum, suka sekali bagian ini.

    Ketemu leoni berapa kali ya? sering deh keknya. Eh itu foto terakhir kan pas event XLNetrally di Semarang tahun 2010, mungkin itu foto di Lawang Sewu :D

  10. Posted February 21, 2012 at 5:59 am | Permalink

    Hmm cantik! *salahfokus

  11. Posted February 21, 2012 at 12:45 pm | Permalink

    kirain model nih… cantik …

  12. Posted February 21, 2012 at 5:29 pm | Permalink

    Semakin yakin kalau lulusan Unair bisa eksis..*eh rasis*
    Keren deh sama mbak leoni, dulu pas semester 4, pas nyari tugas tentang personal branding, google memberi petunjuk ke blog mbak leoni, dari situ banyak hal yang saya copy untuk tugas saya. #eaa.. hehehe..

  13. Posted February 24, 2012 at 9:53 am | Permalink

    Pak, walaupun tgl lahirnya sama. Tapi taun lahirnya beda kan? iya kan pak? iya dong? *dijewer*

  14. Posted February 24, 2012 at 9:55 am | Permalink

    mbak leoni pernah ngisi kelas akber semarang.
    dapat ilmu banyak jadinya o/

  15. Posted February 24, 2012 at 9:11 pm | Permalink

    mengubah kelemahan menjadi kekuatan, itu susah2 gampang ya..

  16. Posted July 15, 2013 at 10:57 pm | Permalink

    Jadi pengen ketemu mbak @leonisecret nih. Pengen belajar banyak dari pengalaman inspiratif dan passionnya >,<

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

Blog Bukik - Karir, Teknologi dan Organisasi