search

Bukik Bertanya: @MasWaditya, Pensil Biasa yang Berkarya

Pensil mungkin barang biasa, tapi pensil bisa menjadi senjata berharga untuk berkarya, sebagaimana seorang @MasWaditya. Siapa dia? 

Aku ditunjukkan sebuah blogspot oleh seorang teman sekitar 5 – 6 tahun yang lalu. Namanya Menteri Desain Republik Indonesia. Paling suka dengan alternatif logo berbagai lembaga di blog itu. Satu posting membandingkan antara logo lama dengan logo alternatifnya. Aku melihat perbandingan logo ini saja sudah terasa nuansa perubahan pada lembaga itu. Apalagi kalau logo itu dipakai beneran sama lembaga yang bersangkutan. Salah satu contoh adalah perubahan logo kota Malang. Lihat kedua logo yang kuambil dari blognya KDRI dibawah ini, mana yang lebih keren?

Logo Malang Lama KDRI

Ngubek-ngubek blog itu terus tahu nama bloggernya, Wahyu Waditya. Cuma tahu nama sih eh tahu juga akun YM-nya tapi tidak pernah ngobrol :D

Beberapa tahun kemudian, Wahyu Waditya meluncurkan logo HUT RI alternatif yang menurutku lebih keren dari logo aslinya. Logo lembaga pemerintah (dan beberapa swasta) itu standar banget, tidak ada gregetnya. Bahkan dari tahun ke tahun logo relatif tetap, seolah logo pun dijadikan rutinitas oleh birokrasi kita. Padahal sebuah logo bisa menginspirasi tindakan orang-orang lho. Seperti yang dibilang sama orang bijak, “image inspire action”. Wahyu Waditya mengajak perubahan sejak dalam pikiran, perubahan imaji di benak kita.

Logo HUT RI evolusi

 

Logo HUT RI KDRI

Tak dinyata aku ketemu juga sama orangnya sebagai sesama peserta di program Indonesia Produktif. Waktu itu workshop di rumah Perubahan. Habis dari workshop itu, aku langsung meluncur ke distro KDRI buat beli kaos :D. Malamnya ketemu lagi di lokasi Kick Andy Show buat rekaman sekaligus pengumuman pemenang. Sayangnya, cuma dia yang menang, aku cuma sampai jadi finalis :D.  Beritanya bisa dibaca di sini.

Kalau kreativitas, Waditya ini sudah tidak diragukan lagi, memang jempolan. Bukan produk instan seminar motivasi *eh, karena jejak-jejak kreativitas ada mulai dari jaman SD dulu. Kenyataan bahwa sebuah capaian adalah buah dari kedisiplinan diri terhadap passion. Ingin tahu lebih jauh mengenai Waditya? Simak saja

Tentang Identitas Diri
Wahyu Aditya, artinya sebuah wahyu yang didapat ketika pagi hari di daerah pegunungan. Saya singkat saja dgn sebutan Waditya.

Wahyu Waditya - Bukik Bertanya 4

Tentang Kejadian yang Mengubah Hidup

Kejadian 1: Mendadak dapat juara 1 lomba lukis pada saat kelas 1, padahal itu adalah lomba pertama kalinya. Momen ini menjadi titik awal keyakinan saya bahwa menggambar adalah passion saya.

Kejadian 2: Best Student di KvB Inst. of Tech Sydney. Sesuatu yang gak disangka, karena sejak SD hingga SMA, selalu mnjadi underdog, saya kira karena masa kuliah adalah masa belajar yang paling menyenangkan yang saya tunggu 17 tahun

Kejadian 3 : Mendapatkan gelar juara dunia young creative entrepreneur dari british council, mengalahkan 9 negara yang lain. Walaupun saya minder sebetulnya tetapi dunia berkata lain.

Kejadian 4 : Dapat mempertahankan usaha saya sejak 8 tahun hingga sekarang, membuat hidup saya makin berwarna

Kejadian 5 : Punya istri dan anak, membuat hidup saya tidak hanya berwarna namun berarti, minimal berarti bagi mereka berdua :)

Wahyu Waditya - Bukik Bertanya 3

Tentang Buku

Buku #KSM sebetulnya bentuk karya propaganda saya untuk menyebarkan konsep berpikir kreatif yang harus terus dilestarikan kepada generasi penerus Indonesia. Konsep penuturannya ala catatan saya jaman masih sekolah, berantakan, ada gambar, ada komik, ada tulisan, foto, arah anak panah dll. Buku ini hanya tanda kesepakatan saya tentang pola pikir kreativitas sebagai senjata andalan Indonesia

Kreatif Sampai Mati - Bukik Bertanya

Tentang yang Dihargai
Dari diri sendiri. Dapat menjadi diri sendiri tidak berusaha menjadi orang lain

Dari keluarga. Kerja keras mereka, dari jualan nasgor hingga jadi pengusaha. Kesetiaan mereka berdua sampai kakek-nenek

Dari orang lain. Keragamannya

Dari Indonesia. Keragamannya dan keberantakannya

Dari kehidupan. Menjadi cermin kita untuk melihat diri kita bagai debu saja

Tentang Simbol Diri
Pensil…benda yang biasa saja, butuh proses untuk menjadi runcing, tajamnya rautan bagian dari proses belajar. Pensil bisa mendeskripsikan gagasan, hingga meninabobokan dengan visual yang menarik. Tapi pensil juga bisa habis jika dipakai terus, itu menandakan umur kita yang terbatas.

Tentang Imajinasi Indonesia 2030

Indonesia menjadi negara favorit dunia untuk wisata, ekonomi dll, yaaa kayak saat amerika jaman sekarang lah, dimana setiap individu bisa mengejar mimpinya. Kehidupannya demokratis namun tidak lupa akan budaya timurnya

Hal Kecil yang Berdampak Besar
Mendidik anak saya dengan pemikiran terbuka, merangkul perbedaan dan berani berimajinasi

Tentang Judul Biografi
Wahyu Aditya, Sebuah BioGRAFIK!

Wahyu Waditya - Bukik Bertanya 1

Tentang Hal Tekonyol
Hmmm banyak, tapi yang layak dijadikan film komedi kelas B adalah ketika saya kelas 3 SMA, sudah memakai gigi palsu di gigi depan akibat kecelakaan, waktu tes EBTA, tes olahraga voli, saya digoda teman sampai mmbuat saya tertawa terbahak-bahak, eeee gigi palsu saya copot, masuk ke got, seluruh orang sekolah tertawa, tapi tes tetap harus jalan, sama minta ijin guru saya ke ruang wudhu untuk membersihkan gigi palsu saya, selanjutnya saya tes ulang passing voli sambil nyengir :)

Suka dengan sosok Waditya? Ingin jadi kreatif juga? Beli buku Kreatif Sampai Mati. Tapi kamu beruntung, karena baca sampai selesai, kamu bisa mendapatkan buku itu gratis. Aku menyediakan dua buku Kreatif Sampai Mati buat pembaca #BukikBertanya. Bagaimana caranya?

  1. Follow @BlogBukik & @MasWaditya
  2. Buat sebuah kalimat sekreatif mungkin dengan menggunakan kata pensil
  3. Tweetkan dengan format “kalimat buatanmu, #BukikBertanya @BlogBukik”
  4. Ada dua pemenang: 1. Pemenang yang tweetnya paling kreatif. 2. Pemenang yang paling banyak ngetweet
  5. Kamu punya waktu sampai hari Selasa, 11 Juni 2013, pukul 23.50 WIB

Pemenang Kuis BlogBukik Minggu Lalu

  1. Nataliuzone
  2. Ahmad Faza
  3. Deny

Buat pemenang silahkan kirim email ke Bukik.com@gmail.com dengan subyek “Pemenang Blog Bukik” dan isi email “nama, no hp, operator dan email”, selambat-lambatnya Senin, 10 Juni 2013 pukul 21.50 WIB.

Incoming search terms:

Tags: , , , ,

4 Comments

  1. Posted June 10, 2013 at 6:57 am | Permalink

    Salam kenal Mas Wahyu! ^_^
    Hmm EBTA? errr.. ketauan generasi kapan hihihi

    *kabur sebelum digaplok*

  2. Posted June 10, 2013 at 9:15 am | Permalink

    wah keren ya logonya…
    salut sama orang-orang kreatif mas.

  3. Posted June 10, 2013 at 9:35 am | Permalink

    alhamdulillah :D
    semoga barokah dan tambah bermanfaat untuk blogbukik

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

Blog Bukik - Karir, Teknologi dan Organisasi