Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

Kopdar 1000 Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia adalah awal kebersamaan blogger, sekaligus langkah lahirnya semakin banyak bloggerpreneur. 

Alasan Ngeblog dan Tipe Blogger

Aku dan mungkin kebanyakan orang Indonesia lainnya, awalnya menulis di blog hanya sekedar untuk menyalurkan hobi nulis sekaligus pelampiasan rasa galau yang menyesakkan. *uhuk* Aku sendiri menulis di blog sejak 2007 dengan menggunakan free blog dari WordPress.com. Sempat beralih ke blogspot.com atau blogger.com tapi kembali lagi menggunakan wordpress.com. Wajar karena hanya sekedar penyaluran, maka lebih memilih layanan gratis dari pada menggunakan hosting sendiri yang berbayar.

Selama 4 tahun ngeblog, tulisanku sifatnya lebih seperti onani atau bertendesi memuaskan diri sendiri. Tulisan tentang apa yang terlintas dipikiran, apa yang dirasakan, atau apa yang dialami. Tidak peduli struktur tulisan, pemilihan kata atau bahkan keinginan untuk berinteraksi dengan pembaca. Blogger semacam ini, sebut saja blogger pemula, mungkin kategori terbesar dari blogger di Indonesia.

Selain blogger pemula, ada beberapa kategori blogger yang menghuni dunia blogging Indonesia berdasarkan intensitasnya yaitu :

  1. Blogger pemula yaitu mereka yang baru diawal tahap ngeblog dan masih menulis sekedar untuk menulis
  2. Blogger bisnis gelap adalah mereka yang ngeblog untuk mencari uang dengan jalan pintas. Cirinya penggunaan SEO tanpa disertai mutu posting yang memadai.
  3. Blogger perusahaan adalah mereka yang menghidupkan blog buat perusahaan tempatnya bekerja.
  4. Blogger personal adalah mereka yang ngeblog untuk mengekspresikan hobi dan kehidupannya serta menjalin relasi dengan mereka yang mempunyai kesamaan.
  5. Blogger profesional adalah mereka yang menangani blognya berdasarkan pada suatu profesi atau topik=topik tertentu. Biasanya, kepentingan utamanya adalah membangun personal brand.
  6. Bloggerpreneur adalah blogger yang menjadikan blog sebagai bisnis dengan memberikan manfaat tertentu pada orang banyak. Manfaat tertentu itu diberikan secara gratis atau dengan suatu persyaratan tapi tetap relatif gratis.

___________________________________________________________________

Ide tentang BloggerPreneur

Aku yakin bagi banyak blogger pemula, gagasan mendapatkan uang dari blog itu tidak terbayangkan dan mengejutkan. “Loh ngeblog bisa dapat uang?” “Enak sekali ya?!” “Bisa ya? Gimana caranya?” “Berarti blogger itu bisa jadi profesi?” Demikian respon-respon mereka terhadap ide mengenai bloggerprenur.

Mengapa tanggapan terhadap ide bloggerprenur seperti itu? Meski sudah ada banyak komunitas blogger lokal, tapi masih belum ada komunitas pada tingkatan nasional. Akibatnya, jangankan pengenalan tentang blogpreneur, bahkan pengenalan blog sebagai media informasi alternatif kepada masyarakat luas pun terasa kurang menggigit. Blog masih dianggap sebagai media pinggiran yang tidak begitu penting. Meskipun kenyataannya, blog & media sosial lainnya telah berperan sebagai penyeimbang bagi pemberitaan media konvensional yang seringkali timpang.

Apa contohnya? Pemberitaan kasus SMA 6  yang menunjukkan dinamika antara media mainstream dengan media sosial. Sebuah posting berjudul Sulutan Api di Bumi Mahakam yang ditulis blogger personal, siswa SMA, berhasil menjadi pengimbang pemberitaan sebagaimana diberitakan media konvensional. Terakhir ketika aku cek, posting itu mendapat lebih dari 750 komentar dan blog itu dikunjungi 120 ribu kali. Jangan pernah anggap remeh sebuah blog, begitu mungkin pesan dari kasus tersebut.

Ide bloggerpreneur sendiri semakin matang dengan adanya kehadiran IDblognetwork yang memungkinkan blogger mendapatkan penghasilan dengan cara yang absah. Beberapa teman blogger yang telah menjadi bloggerpreneur sudah bisa menikmati pendapatan yang lumayan hanya dengan menulis posting. Mengapa mereka bisa menjadi bloggerpreneur? Kalau aku mengamati 2 rekan bloggerku, Rusa Bawean dan Sibair, ada beberapa poin yang bisa dipelajari:

  • Pertama, mereka menulis posting yang bisa memberikan manfaat buat banyak orang.
  • Kedua, mereka mempunyai jejaring yang luas di dunia digital. Jejaring ini terbentuk mulai dari blogwalking hingga melakukan kopdar blogger.
  • Ketiga, mereka mengelola blognya secara serius sehingga mudah diakses dan nyaman dilihat.
  • Keempat, struktur tulisan mereka yang terdiri dari lead, badan dan penutup yang memancing komentar.

___________________________________________________________________

Blogger Nusantara dan Perannya

Beruntunglah beberapa kawan merasakan kegelisahan tentang peran blog bagi Indonesia dan keguyuban blogger di Indonesia. Kegelisahan yang berdampak positif dengan lahirnya Blogger Nusantara yaitu :

Paguyuban blogger yang bersifat lintas daerah dan lintas komunitas dengan cita-cita memupuk semangat kebersamaan dan persaudaraan blogger indonesia.

Paguyuban ini baru saja lahir dengan mengadakan kegiatan Kopdar 1000 Blogger Nusantara. Kegiatan yang bertemakan Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia ini diadakan pada 28 – 30 Oktober 2011 di Sun City, Sidoarjo. Pilihan lokasi kegiatan di Sidoarjo menarik, bukan karena aku tinggal di Sidoarjo, tapi kota ini sendiri sepertinya belum mempunyai komunitas bloggger. Dalam webnya disebutkan, Blogger Nusantara sejak awal dirancang untuk ‘anomali’ dengan menjauhi ‘ibukota’. Sebuah keberanian yang patut diacungin jempol.

Adanya Blogger Nusantara memungkinkan terbentuknya jejaring blogger dengan content positif dan bermutu. Jejaring yang sedikit banyak bisa mengatasi blogger bisnis gelap. Mengapa ini penting? Kalau kita melakukan pencarian dengan kata kunci bahasa Indonesia yang populer, maka hasil yang didapatkan sebagian besar adalah posting sampah. Hal ini disebabkan blogger bisnis gelap memainkan kata kunci popular. Dengan berjejaring, maka blogger positif bisa saling memperkuat dan memudahkan dikenali mesin pencari.

Paguyuban blogger bisa saling mendukung dalam mengatasi kasus plagiat blog. Pelakunya tidak saja blogger pemula yang mungkin tidak tahu aturan, blogger bisnis gelap yang cari jalan pintas, bahkan ada kasus isi blog yang diterbitkan menjadi isi buku. Kasus-kasus itu kadang bisa diatasi secara individual oleh blogger yang diplagiasi, tapi ada pula kekhawatiran akan adanya serangan balik (dihack). Pola serupa bisa juga digunakan untuk menghadapi ancaman dari pihak-pihak yang mempunyai kekuasaan.

Tapi lebih penting dari itu semua, Blogger Nusantara membuat blogger berkenalan dengan semakin banyak blogger lainnya. Semakin banyak kenal, semakin luas relasi. Relasi yang baik memungkinkan antar blogger bisa saling dukung, saling bantu dan saling belajar menjadi blogger profesional dan/atau bloggerpreneur. Terutama bagi aku yang masih menjadi blogger personal untuk bisa belajar menjadi bloggerpreneur.

Buat teman-teman blogger yang akan hadir di Kopdar 1000 Blogger Nusantara, bersiaplah untuk menikmati kuliner khas Sidoarjo. Teman-teman juga bisa menyaksikan bagaimana kejamnya Lumpur Lapindo yang melanda kota kami. Aku akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik buat teman blogger semua.

Blogger tipe apakah anda? Apa harapan anda terhadap keberadaan Blogger Nusantara? 

Klik untuk Langganan Bukik.com via Email

Sumber Gambar : Mike Licht, NotionsCapital.com 

Catatan: Posting ini diikutsertakan dalam lomba Blogger Nusantara. 

Published by

Bukik Setiawan

Blogger

122 thoughts on “Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia”

  1. siipp .. Mudah2 aku bisa jd BloggerPreneur , meskipun sekarang baru pemula , soal y belum atu apa ide yg bagus yg bisa bermanfaat bgi orang banyak … Bantu saya ya … :)

  2. aku merasa tersindir setiap baca postingan di sini. tersindir u/ kembali eksis update blog. ahhh pak bukik selalu berhasil. tunggu rusa di kandang rusa ya! :D

  3. Alhamdulillah saya seorang blogger, termasuk tipe Blogger Personal, yang menginformasikan menurut apa yang ingin saya informasikan..

    sampai ketemu di Acara Blogger Nusantara pak Bukik..

    1. Hahahaha dirimu sudah ditengah blogger personal dengan bloggerpreneur, tinggal diseriusin sedikit.
      Beneran lho ya…..dirimu itu yang sering absen kopdar….

  4. Hihihii ada namaku ya pak.. padahal blogku belum ada apa-apanya klo di compare sama rusabawean.com atau bukik.com tapi thanks bgt loh jadi nampang di blog yg terkenal ini..hehe

  5. saya blogger ibu rumah tangga pemula yang berbekal android turunan suami buat ngeposting “sesuatu” di kepala saya, mencoba produktif sambil ngurusin dua jagoan yg sedang jumpalitan….heheheh….senang deh baca postingan2 pak bukik,nii….penuh pencerahan dan inspirasi….sudi mampir ke blog saya, pak…www.ronaruangalbanna.wordpress.com…smoga ada masukan supaya kelak bisa naik level dari pemula…ke…penulis yang punya buku..huahhhhh…aamiin.:)

    1. Tampilan simpel, isi bernas. Suka!
      Struktur posting mungkin dibuat lebih pas. Lead (awal yang memikat), badan posting, dan pemancing (penutup) yang memancing komentar.

  6. wahh pertemuannya ada di sun city sidoarjo ya mas? . . rumah saya daerah sukodono(pasti tau kan?) mas . . Pengen ikut tapi saya masih SMA’e -,- merinding ketemu senior. . XD

    *komentar dari blogger pemula :)*

  7. empat atau lima tahun nge-blog kasta saya tidak berubah, masih tetap sudra sebagai blogger pemula. mudah-mudahan ada ksatria blogger yang dapat mengentaskan saya dari kesudraan. aamiiiin dan mudah-mudahan ada yang ngasih tiket gratis buat ke sidoarjo untuk kopdar 1000 blogger nusantara :) aamiiiin 33x ya Robb

  8. Blog memang menjadi media penyeimbang ditengah-tengah dunia informasi saat ini, bahkan terkadang lebih cepat (update) dan lebih sesuai dengan kondisi real di lapangan yang mungkin agak berbeda dengan media lain yg biasanya membuat laporan/tulisan berdasarkan tuntutan (tuntutan atasan mungkin). Salam

    1. Bener banget. Selain itu, blogger mempunyai ruang yang tak terbatas untuk menceritakan kejadian secara detil. Sementara media konvensional terbentur ongkos dan sponsor

  9. seperti harapan semua orang.
    kopdar 1000 blogger nusantara ini bisa menjadi awal ngeblog lebih asik. kurangi kontent plagiat, content yang lebih asik dan tentunya bisa berkenalan dengan blogger lainnya..

    kayaknya bakalan seru..
    salam

    1. Yup, aku membayangkan ada satu moderator yang melemparkan topik tantangan setiap minggu/bulannya. Topik tantangan yang jadi pemancing blogger buat menulis posting

  10. semoga tulisan-tulisan di blog saya juga semakin bermutu dan bermanfaat untuk orang lain. saya juga kadang suka kesal dengan blogger bisnis gelap, hanya membuang waktu apalagi ketika saya sedang googling. :mrgreen:

  11. posting mantep om bukik :)
    semoga memang blog bisa menjadi media alternatif dari media mainstream lainnya :)
    itu kalau dateng blogger nusantara, langsung dateng aja atau bagaimana ?
    terima kasih

  12. Kalo anda tipe onani, saya blogger masturbasi aja ah :)
    Apapun dan bagaimanapun acaranya, harapan terbesar saya dari Blogger nusantara adalah tidak ke arah komersial dan lebih bisa menjadi ‘berkah’ bagi alam perbloggeran Indonesia!

    1. Ahahay……ada banyak ide kreatif yang bisa digarap agar menjadi komersial bisa dengan cara elegan, tidak dengan menjual blog.
      Amin! Semoga dunia blogger Indonesia makin maju

  13. ^datang beringsut belakangan, ndeprok di shaf paling belakang, khusyuk mendengar^

    Menarik banget kajian kitab ‘khulashoh jam’iyyah blogger indunisiyyah’ saking almukarrom kyai mas bukik dot com.

    Nama besar kyai sdh menjadi perbincangan di seantero jagad maya. Mau sowan kok sungkan, gak menyapa kok takut kuwalat, duh, nyuwun ngapunten, kyai.

    Salam hormat takzhim saya.

    ^duduk kembali di shaf terbelakang dan menikmati kajian kitab asuhan kyai mas bukik dot com^

  14. kunjungan balik, kisanak. Pa kabar? salam kenal ya. Baca tulisan sampeyan bulu kuduk saya jadi merinding. Padahal angin berhembus tipis saja, tapi terus merinding. Saya pikir, itu karena tulisan di atas ditulis dengan energi positif yang luar biasa.

  15. Wah, aku termasuk blogger yg mana ya??? hihi…
    pengeeen bangeeet bisa ke sidoarjo, tapi jauuuuh T.T

    Kunjungan balik nih mas…
    senang bisa baca2 postingan diblog mu ^.^

  16. Dear.

    1. hhhmmmsss…. numpang komen bolehhh gak yaaa…. salam kenal dulu laaahhh supaya sopan katanyaaa..

    2. gw kurang sependapat dengan istilah blogger profesiional…… menurut kamus bahsa inggris atau[un kamus bahasa indonesiaa…. profesional artinya skilled atau sangat berpengalamn dan mumpuni…… kalo pengertiannya menjadi seperti tersebut diatas maka……. akan bermakna lain.,…. but again…. this is just mny personal statement……. Boleh beda pendapatkan….

    regards.
    … Ayah Double Zee …

    1. Yup. Setuju dengan pendapat anda. Ukuran mumpuni selain masalah teknis web, seorang blog sudah mempunyai fokus topik tertentu. Tidak membahas semua hal

  17. sebetulnya sudah banyak sih gathering blogger yg diadakan oleh komunitas2 blog spt amprokan blogger dllnya…good memperkaya khasanah gathering blogger Indonesia. yg penting damai damai ajalah sesama blogger ^_^

  18. Postingannya panjang tapi isinya muantep mas :D
    Semuanya dibahas satu per satu :D
    Ah..sayang gak bisa dateng.
    Bukan karena jauhnya, tapi waktunya bentrok dengan kegiatan lain :(

  19. kalau saya masih no 4
    Blogger personal adalah mereka yang ngeblog untuk mengekspresikan hobi dan kehidupannya serta menjalin relasi dengan mereka yang mempunyai kesamaan.
    tapi pingin no 5 :)

    salam kenal pak
    selamat atas galaxy tabnya :D

Gimana komentarmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.